Cara Promosi Buku Abad 21
Judul : Cara Promosi Buku Abad 21
Resume Ke : 20
Gelombang : 28
Tanggal : 22 Februari 2023
Tema : Pemasaran Buku
Narasumber : Agus Subardana, S.E., M.M
Moderator : Purbaniasita KS, S.Pd
" Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak"
(Ali bin Abu Thalib)
Dalam perang kita harus memiliki berbagai strategi untuk mencapai tujuan yang kita inginkan yakni menang. Menang dalam menulis buku adalah dapat menerbitkan buku. Tetapi dalam buku yang diterbitkan secara otomatis tidak mudah langsung diminati oleh masyarakat, harus memiliki berbagai strategi juga, diantara strateginya adalah bagaimana membidik selera konsumen dari berbagai kalangan, karena seperti kata Prof Eko dalam menerbitkan buku itu harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat luas agar pengalaman cerita yang kita terbitkan bermanfaat luas. Lalu bagaimana caranya agar buku yang diterbitkan diminati oleh masyarakat ?
" Buku merupakan salahsatu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi"
Narasumber kali ini adalah seorang direktur dan Marketing penerbit Andi, beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan sudah 18 tahun 2 bulan. Pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kebutuhan masyarkat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagu pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Strategi Pemasaran Penjualan Buku
Penerbit Andi Offset menerbitkan buku cukup banyak kategori yang berjumlah 32 kategori diantaranya buku anak, buku bisnis, buku pertanian, buku fiksi, novel, buku pengembangan diri, buku text, dan lain lain. Dari jenis kategori buku ini penerbit akan melakukan pemetaan segmentasi jenis kategori buku yang diterbitkan. Faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah :
- Faktor Micro, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
- Faktor Makro, yaiitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik, dan sosial-budaya
- Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara (Online). Mau tidak mau dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital , bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan keinginan customer. untuk penjualan buku lewat online ini penerbit harus proaktiv untuk terus promosi agar menaikan penjualan dan profit, membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan, dan mendapatkan konsumen baru serta mempertahan konsumen yang sudah ada. Contoh : melalu media sosial, SEO, SEM , dan lain lain.
- Strategi Pemasaran Buku Lewat Komunitas. Gunakanlah jaringan komunitas untuk sarana promosi dan penjualan buku. Penjualan lewat hal ini lebih efektiv dan efisien. Kuncinya kita harus proaktiv komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
- Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (Offline), Membuka cabang ditiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Biasanya yang penerbit tuju adalah toko buku, walaupun harus dilakukan pemetaan karena toko buku terbagi 3 yakni toko buku modern yakni sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem sentralisasi, toko buku semi modern yang masih dikendalikan dan menggunakan sistem administrasi penjualan toko, serta toko tradisional yang transaksinya manual. Diantara strategi promosi di toko buku adalah
- Menguasai Display buku agar tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang priduk di Neon Box, atau Banner.
- Mengadakan bedah buku.
- Kunjungan langsung
- Melakukan event seperti pameran buku, seminar, workshop, dan sebagainya.
hebaatt,,,bisa melakukan pekerjaan lebih dari 1 dalam waktu yg bersamaan...semangaaat pak ketuaa
BalasHapus