Cara Promosi Buku Abad 21

 

Judul                :  Cara Promosi Buku Abad 21

Resume Ke      : 20

Gelombang      : 28

Tanggal            : 22 Februari 2023

Tema                : Pemasaran Buku

Narasumber     : Agus Subardana, S.E., M.M

Moderator        : Purbaniasita KS, S.Pd

   " Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak"

(Ali bin Abu Thalib)

        Dalam perang kita harus memiliki berbagai strategi untuk mencapai tujuan yang kita inginkan yakni menang. Menang dalam menulis buku adalah dapat menerbitkan buku. Tetapi dalam buku yang diterbitkan secara otomatis tidak mudah langsung diminati oleh masyarakat, harus memiliki berbagai strategi juga, diantara strateginya adalah bagaimana membidik selera konsumen dari berbagai kalangan, karena seperti kata Prof Eko dalam menerbitkan buku itu harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat luas agar pengalaman cerita yang kita terbitkan bermanfaat luas. Lalu bagaimana caranya agar buku yang diterbitkan diminati oleh masyarakat ?

" Buku merupakan salahsatu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi" 

            Narasumber kali ini adalah seorang direktur dan Marketing penerbit Andi, beliau berkecimpung dalam dunia penerbitan sudah 18 tahun 2 bulan. Pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kebutuhan masyarkat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagu pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Strategi Pemasaran Penjualan Buku

        Penerbit Andi Offset menerbitkan buku cukup banyak kategori yang berjumlah 32 kategori diantaranya buku anak, buku bisnis, buku pertanian, buku fiksi, novel, buku pengembangan diri, buku text, dan lain lain. Dari jenis kategori buku ini penerbit akan melakukan pemetaan segmentasi jenis kategori buku yang diterbitkan. Faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah :

  • Faktor Micro, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
  • Faktor Makro, yaiitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik, dan sosial-budaya
Pada Penerbit Andi Offset biasanya dilakukan dua strategi pemasaran yakni :
  1. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara (Online). Mau tidak mau dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital , bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan keinginan customer. untuk penjualan buku lewat online ini penerbit harus proaktiv untuk terus promosi agar menaikan penjualan dan profit, membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan, dan mendapatkan konsumen baru serta mempertahan konsumen yang sudah ada. Contoh : melalu media sosial, SEO, SEM , dan lain lain.
  2. Strategi Pemasaran Buku Lewat Komunitas.  Gunakanlah jaringan komunitas untuk sarana promosi dan penjualan buku. Penjualan lewat hal ini lebih efektiv dan efisien. Kuncinya kita harus proaktiv komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
  3. Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (Offline), Membuka cabang ditiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Biasanya yang penerbit tuju adalah toko buku, walaupun harus dilakukan pemetaan karena toko buku terbagi 3 yakni toko buku modern yakni sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem sentralisasi, toko buku semi modern yang masih dikendalikan dan menggunakan sistem administrasi penjualan toko, serta toko tradisional yang transaksinya manual. Diantara strategi promosi di toko buku adalah 
  • Menguasai Display buku agar tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.
  • Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang priduk di Neon Box, atau Banner.
  • Mengadakan bedah buku.
  • Kunjungan langsung
  • Melakukan event seperti pameran buku, seminar, workshop, dan sebagainya.
Sesi pertanyaan 
Endang Ratna Juwita dari Bogor, Apa yang harus dilakukan agar buku kita bisa dipasarkan ? Jenis buku apa yang banyak peminatnya ? Apakah ketebalan buku dan isi berpengaruh kepada minat beli pembaca ?
Jawaban :
Jika sudah diterima oleh penerbit skala Mayor biasanya buku tersebut akan didistibusikan diseluruh toko dan berdasarkan segmen pasar menurut buku tersebut. Dan penerbit menyiapkan materi promosi seperti berupa brosur dan promosi di media sosial. Dan dilakukan penetrasi pasar secara masiv.

Jenis-jenis buku yang banyak peminatnya kalau buku umum adalah novel, fiksi, pengembangan diri, motivasi, dan buku tentang cerita, buku anak,buku tentang religi/agama.

Kalau ketebalan tidak berpengaruh signifikan, akrena kalau buku itu tebal tapi konten materinya bagus maka tetap banyak peminatnya. Isi mempengaruhi bagi pembaca dan tentunya harga sangat mempengaruhi, misal terlalu mahal harga diatas 150 ribu, rata-rata diindonesia antara 50 ribu sampai 100 ribu.

    Hujan turut menemani tulisan kali ini, setelah sebelumnya saya mengikuti zoom juga terkait menulis non fiksi yang diadakan Tinta Langit. Makanya agak lambat mengirimkan resume. Tapi dimanapun ilmu harus kita ambil, karena hakikatnya ilmu itu berserakan dimana saja, tinggal kita yang mengumpulkannya. Semoga ilmu yang dipelajari malam ini bisa membuat kita makin bertumbuh dewasa dalam pikiran agar bisa membuat buku atau novel yang bermanfaat luas hingga ke pelosok manapun.


Komentar

  1. hebaatt,,,bisa melakukan pekerjaan lebih dari 1 dalam waktu yg bersamaan...semangaaat pak ketuaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rasakan Atmosfer Menulis !

Antologi Surga Berbagi

Pentingnya Diksi dan Seni Bahasa